Lompat ke isi utama

Profil Lulusan

Profil Lulusan Program Studi Teknik Kimia


Identifikasi Profil Lulusan (PL) Program Studi Teknik Kimia, Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala telah dilakukan sesuai petunjuk pedoman kurikulum berbasis KKNI. Identifikasi PL diperlukan untuk penyusunan capaian pembelajaran (CP). PL Program Studi Teknik Kimia adalah:

 

1. Praktisi  Industri

Praktisi Industri yang berperan sebagai seseorang yang mampu menggerakkan dan mengelola kegiatan rekayasa proses secara sistematis dan terkontrol untuk menjamin tercapainya hasil dan produksi dengan kuantitas dan kualitas yang ditargetkan dalam waktu yang sesuai dengan rencana perusahaan/usaha dan pemanfaatan sumber daya secara optimal.

 

2. Akademisi/Peneliti

Akademisi/Peneliti yang berperan sebagai pendidik, peneliti, dan dapat melaksanakan studi lanjut untuk menerapkan ilmu terkait dengan ilmu dasar dan terapan teknik kimia berdasarkan prinsip-prinsip ilmiah, evaluasi, dan interpretasi hasil penelitian hingga menghasilkan informasi yang utuh.

 

3. Wirausahawan (technopreneur)

Wirausahawan (technopreneur) yang berperan merancang dan merencanakan usaha-usaha mandiri, menggali potensi dan memanfaatkan peluang pasar, menjalankan usaha serta berinovasi dalam menghasilkan produk yang berkualitas dan menguntungkan di bidang rekayasa serta mampu mengelola sumber daya manusia dan sumber daya alam dengan memanfaatkan ilmu, manajemen dan teknologi rekayasa proses kimia.

 

4. Administrator

Administrator yang berkecimpung pada instansi pemerintahan dan swasta yang mengimplementasikan ilmu pengetahuan bidang rekayasa proses kimia dan mengembangkan teknologi inovatif bidang terkait di masyarakat.