Skip to content
WhatsApp Image 2023-12-14 at 10.15.13

Meyambut kedatangan Ketua Jurusan Pertama Teknik Kimia Ibu Ir. Hayatun Nusuf

Kamis, 30 November 2023, dengan penuh kebanggaan dan sukacita, Jurusan Teknik Kimia FT USK merayakan kedatangan Ibu Ir. Hayatun Nusuf . Sebagai perintis gemilang dalam sejarah Jurusan Teknik Kimia (USK), Ibu Hayatun Nusuf membawa semangat revolusi teknologi Teknik Kimia sejak 1977, menandai langkah awal gemilang di dunia pendidikan Teknik Kimia.

Beliau, yang merupakan alumnus Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Gajah Mada Yogyakarta, tidak hanya menjadi insinyur perempuan pertama Aceh, tetapi juga mengukir prestasi luar biasa dengan menjadi Kepala Perindustrian Propinsi Aceh pada usia yang begitu muda, yaitu 28 tahun. Ibu Hayatun Nusuf bukan hanya perempuan pertama dalam jabatan tersebut di Aceh, tetapi juga diakui sebagai perempuan pertama se-Indonesia yang berhasil memimpin di ranah perindustrian.

Pada kesempatan istimewa ini, beliau membawa serta Buku Biografi yang mengisahkan perjalanan luar biasa seorang pionir, berjudul “Hayatun Nusuf – Insinyur Perempuan Aceh Pertama,” yang ditulis dengan penuh cinta oleh putrinya, Syarifah Nurlinda.

Acara silaturahmi tidak hanya menjadi momen bersejarah, tetapi juga menjadi panggung inspirasi bagi para dosen dan mahasiswa. Berakhir dengan sorakan kebersamaan, pertemuan ini tidak hanya merayakan kehadiran Ibu Hayatun Nusuf, tetapi juga mewujudkan semangat juang dan keberlanjutan dalam mencetak para insinyur kimia masa depan.