Skip to content
WhatsApp Image 2024-02-26 at 15.33.22

Tim Koetaradja USK meraih dua penghargaan dari ajang ChemE-car Competition MCECC 2023 tingkat Asia Tenggara

Universitas Syiah Kuala (USK) kembali menorehkan prestasi bergengsi di tingkat internasional. Tim Koetaradja USK meraih dua penghargaan dari ajang ChemE-car Competition MCECC 2023 tingkat Asia Tenggara, yang berlangsung di UiTM Shah Alam, Malaysia.

Tim ini diketuai oleh Farid Muhammad Arie (Teknik Kimia 2020). Dengan anggota, Habil fadhlurrahman (Teknik Kimia 2020) dan Ajmalur Rijal (Teknik Mesin 2021). Tim Koetaradja dibimbing langsung oleh Prof Dr. Ir. Marwan, IPU, Rektor USK. Serta Ir. Hisbullah ST, M.EngSc, Dosen Jurusan Teknik Kimia FT USK.

Kompetisi MCECC (Malaysian Chemical Engineering Car Competition) 2023 yang dinaungi oleh IEM (Institution of Engineer) Malaysia diikuti peserta dari berbagai universitas di Asia Tenggara termasuk dari Indonesia. Dari total 28 tim yang berpartisipasi, tim Koetaradja berhasil menyabet dua penghargaan sekaligus, yaitu peringkat 4 Best Poster Competition Category dan peringkat 9 Top car performance competition, mengalahkan tim-tim besar dari Indonesia dan Malaysia.

Tim koetaradja sendiri membawa konsep mobil gas oksigen bertekanan dari reaksi dekomposisi hidrogen peroksida dengan sistem penendang depan yang terhubung kepada roda sehingga menciptakan momentum yang sangat kuat.